Viral di Medsos, Seperti Apakah Isu Dibalik #10YearsChallenge?

lpmgemakeadilan.fh.undip.ac.id—Beberapa waktu terakhir, media sosial tengah ramai dengan unggahan foto dengan tagar #10YearsChallenge. Pada dasarnya,  #10YearsChallenge ini adalah tantangan foto saat orang berbagi satu gambar diri mereka 10 tahun yang lalu dan membandingkannya dengan foto mereka yang sekarang, seperti misalnya membandingkan foto mereka tahun 2009 dengan 2019. Tujuannya adalah untuk menunjukkan transformasi diri selama satu dekade terakhir.

Sesungguhnya tren ini terinspirasi oleh fitur Facebook yang kerap menampilkan foto-foto atau status lawas di lini masa penggunanya. Melihat foto-foto tersebut menunjukkan perbedaan dengan kondisi sekarang. Para pengguna Facebook pun mulai mengunggah kembali foto lama dan terkini sebagai perbandingan. Pada awalnya mereka memberi tagar #HowDidAgingEffectYou untuk meningkatkan betapa besar perubahan fisik yang termakan usia. Tagar tantangan ini terus berkembang menjadi #2009vs2019, #Glowup, dan kemudian menjadi #10YearsChallenge yang viral seperti sekarang ini.

Diperkirakan lebih dari 5,2 juta foto dengan tagar #10YearsChallenge berhasil diunggah. Tantangan #10YearsChallenge juga berhasil menjadi trending topic teratas di Twitter dan Instagram. Setelah tantangan #10YearsChallenge ini viral di media sosial, muncul spekulasi yang mempertanyakan bahwa terdapat suatu kejanggalan pada tantangan ini. Ada yang berspekulasi bahwa dengan memposting foto dengan tagar #10YearsChallenge ini memiliki resiko, terutama soal keamanan cyber.

Seorang penulis teknologi Wired, Kate O’Neill, membuat artikel yang mengeksplorasi kemungkinan bahwa #10YearsChallenge ini lebih dari sekedar tantangan yang menyenangkan atau berbagi kepada teman-teman dunia maya. Ia berpendapat ada kemungkinan viralnya foto-foto pengguna lama dan sekarang itu bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk melatih algoritma teknologi pengenalan wajah (face recognition) oleh perusahaan teknologi.

Dengan semakin canggihnya algoritma dan teknologi, rasanya memang bukan mustahil kalau semakin banyak data dari para pengguna internet yang dibagikan, maka akan semakin menguntungkan pihak-pihak yang ‘berkepentingan’ di dunia maya. Sebagai pengguna tentu saja user tidak akan mengetahui program apa yang telah disematkan oleh perusahaan perangkat lunak sosial media yang tiap hari kita gunakan.

Berbagai isu atas tuduhan pengambilan data oleh perusahaan teknologi pengenalan wajah kerap disangkut-pautkan dengan #10YearsChallenge. Berbagai perusahaan media sosial menanggapi isu yang berkembang soal dugaan mengumpulkan data foto-foto viral #10YearsChallenge menegaskan bahwa mereka tidak terlibat dalam permulaan tantangan ini dan tidak mengambil keuntungan dari kehebohan #10YearsChallenge. Namun, dengan fakta bahwa banyak perangkat sosial media yang bekerja sama dengan teknologi pengenal wajah tentu saja terdapat kemungkinan pemanfaatan tantangan ini sebagai lahan keuntungan. Kasarannya, foto-foto yang tersebar melalui #10YearsChallenge di sosial media menjadi lahan percobaan yang menggiurkan bagi perusahaan teknologi di luar sana.

Dengan adanya isu-isu yang beredar tersebut, kita sebagai pengguna media sosial harus lebih bijak dan waspada. Jangan hanya asal mengikuti tren yang akhirnya malah merugikan diri sendiri. Kita harus pandai-pandai mencari tau apa yang baik dan bermanfaat untuk diikuti. Sebenarnya tidak salah jika kita mengikuti perkembangan informasi agar tidak disebut kudet. Tetapi kembali lagi, dengan seiring berkembangnya teknologi kita tidak tahu bahaya apa yang sedang ngengintai kita bila tidak menyaring apa yang kita peroleh di media sosial.

Kemajuan Teknologi memang tidak bisa dibendung, dan mau tidak mau kita sebagai pengguna pasti akan terseret arus ini. Jika sudah menyangkut masalah keamanan cyber, kita pasti menjadi paranoid.  Tetapi, jika sudah terlanjur mengunggah foto #10YearsChallenge di media sosial anda, bukan berarti anda harus langsung terburu-buru menghapusnya. Jadikan ini sebagai pembelajaran agar lebih bijak membagikan data lewat media sosial kedepannya. Adanya #10YearsChallenge ini cukup untuk hiburan saja, untuk nostalgia kita dengan kenangan masa lalu dan bersyukur dengan keadaan yang sekarang.

Ervina Dyah Wulandari

(Magang LPM Gema Keadilan)

Sumber :

https://www.nusanews.id/2019/01/10-year-challenge-jadi-cara-facebook.html?m=1

Sumber foto :

https://www.youthmanual.com/post/fun/did-you-know/cara-menyikapi-10-years-challenge-anti-mainstream