Leuwi Tonjong: Pesona Jurassic Park Khas Alam Garut

lpmgemakeadilan.fh.undip.ac.id – Garut merupakan kabupaten terluas ketiga di Jawa Barat setelah Sukabumi dan Cianjur. Dengan luas wilayahnya yang mencapai 3.074,07 km² tentunya terdapat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, khususnya wisata yang menawarkan keindahan alamnya. Mulai dari air terjun, sungai, gunung, hingga pantai pun ada di dalamnya.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang terdapat di Garut, ada satu tempat wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi. Hanya dengan tiket masuk seharga Rp 15.000,00 saja, pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Nama tempat tersebut adalah Leuwi Tonjong. Aliran sungai yang terjepit di antara dua tebing batu menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh tempat tersebut. Terlebih lagi tebingnya yang tinggi dengan dominasi warna hitam dan hijau sukses memberikan kesan seolah berada di dunia “Jurassic Park”.

Leuwi sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti sungai. Leuwi Tonjong ini merupakan aliran dari sungai Cihurip. Lokasinya sendiri berada di Kecamatan Cihurip, tepatnya di kawasan Kampung Rentog, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Selain pemandangannya yang sangat indah dan cocok untuk berfoto, Leuwi Tonjong juga menyediakan lokasi yang bisa digunakan untuk camping. Hal ini bisa menjadi pilihan menarik bagi para pengunjung untuk menginap di dalam tenda saat malam hari, lalu dilanjutkan dengan bermain air pada keesokan harinya.

Akses menuju Leuwi Tonjong masih terbilang cukup sulit, mengingat lokasinya yang cukup pelosok, jalannya yang sempit, berbatu, curam, dan menanjak. Namun, meski masih tergolong wisata yang masih baru, akan tetapi rute untuk menuju lokasi ini sudah tersedia di maps. Pengunjung tidak perlu khawatir tersesat untuk sampai disana selama jaringan yang digunakan bagus.

Bagi pengunjung yang hendak ke sini, wajib memastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima dengan bensin yang terisi penuh. Pastikan juga untuk memeriksa cuaca sebelum berangkat. Saat cuaca hujan jalanan menjadi licin dan debit air naik, maka hal yang demikian membuat pengunjung tidak dianjurkan untuk datang. Terlepas dari keamanannya, keindahannya pun akan sedikit berkurang karena airnya yang biasa berwarna biru kehijauan akan berubah menjadi keruh akibat endapan lumpur.

Sedikit pesan yang perlu diingat, jangan buang sampah sembarangan jika berkunjung kesini, karena itu akan merusak kelestarian alam yang ada di dalamnya. Jagalah alam, maka alam akan menjagamu. Selamat berlibur.

Lu’lu Al-Maknun

(Magang LPM Gema Keadilan)

 

Sumber :

Mengintip Keindahan Leuwi Tonjong Dibalik Perbukitan Terjal

Sumber foto :

https://travelingyuk.com/leuwi-di-garut/80874/