Candi Gedong Songo: Wisata Sejuk Khas Kabupaten Semarang

lpmgemaeadilan.fh.undip.ac.id– Kabupaten Semarang, khususnya Bandungan sejak dulu dikenal sebagai lokasi wisata keluarga yang populer dan berhawa sejuk khas kaki Gunung Ungaran. Pergi ke Bandungan rasanya kurang lengkap apbila tidak mampir ke Candi Gedong Songo yang berlokasi di Desa Candi, Kecamatan Bandungan,  Kabupaten Semarang.

Bagi para traveler, Candi Gedong Songo merupakan destinasi utama yang patut dikunjungi. Selain memiliki hawa yang sejuk,  kompleks candi ini juga menawarkan pesona alam nan eksotis.

Candi Gedong Songo buka dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Namun saat musim liburan, wisata ini buka hingga malam hari. Harga tiket masuk saat hari biasa berkisar Rp 6.000,00 dan hari libur berkisar Rp 7.500,00. Candi ini berada di lokasi dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl. Karena itulah hawa di wisata ini sangat sejuk. Selain hawanya yang sejuk, keindahan sunset di wisata ini juga sayang untuk dilewatkan.

Wisata Gedong Songo memiliki jalan setapak yang cukup terjal dan sedikit melelahkan bagi para pejalan kaki. Untuk itu wisata ini juga menyediakan jasa sewa kuda untuk berkeliling. Kuda yang ramah siap mengantar pengunjung dengan harga Rp 80.000,00 untuk paket lengkap. Pada papan petunjuknya tertera aturan bahwa seseorang yang naik kuda maksimal berbobot 80 kilogram. Jika lebih dari itu diwajibkan membayar Rp 90.000,00. Boleh juga bagi para pengunjung yang merasa lelah berjalan mengelilingi kompleks candi.

Seiring berjalannya waktu, wisata Candi Gedong Songo tidak hanya menyuguhkan pesona kompleks candi saja. Namun terdapat beberapa wahana baru yang lebih beragam dan kekinian seperti balon udara yang belum ada di tempat wisata lain. Selain itu juga ada taman bantal dan berbagai macam spot kekinian yang membuat feed instagram kamu semakin kece. Selain sebagai tempat wisata, Candi Gedong Songo ini juga bisa digunakan sebagai titik awal pendakian Gunung Ungaran.

Sumber : jejakpiknik.com

Wisata Candi Gedong Songo menjadi perpaduan yang sangat cocok antara keindahan alam dengan pesona wahana bersantai yang unik. Menapaki Candi Gedong I, kita akan disuguhi dengan wahana baru yaitu Ayana Gedong Songo. Untuk masuk ke wahana baru ini, harus membayar sekitar Rp 20.000,00. Ayana memiliki konsep “bergembira di alam terbuka” yang artinya wisatawan bisa santai bahkan bergembira menggunakan fasilitas yang tersedia apalagi bisa menjadi spot foto yang kekinian. Jalanan menanjak dan kebun-kebun kecil yang terhampar di kanan kiri jalan setapak menjadi pemandangan menarik. Beberapa warung berderet pun siap melegakan dahaga dan lapar para pengunjung. Makanan yang banyak dijual adalah sate kelinci yang dibandrol dengan harga Rp 15.000,00 tiap porsinya. Rasa sate kelinci ini hampir mirip dengan sate ayam, namun potongannya lebih kecil dan sedikit kenyal.

Candi Gedong Songo juga menyediakan pemandian air panas yang wajib untuk dicoba. Hanya dengan membayar Rp 5.000,00 para wisatawan bisa berendam sembari menikmati kesejukan udara Gunung Ungaran. Pemandian ini berada di antara Gedong IV dan Gedong V. Pengunjung perlu ekstra hati-hati karena tanjakan di kawasan ini cukup tinggi.

Wajib banget berwisata dan menikmati pemandangan alam indah di kaki Gunung Ungaran dengan suguhan view ke arah Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo dan Rawa Pening. Candi Gedong Songo adalah sebuah kompleks wisata yang sangat lengkap. Semua generasi pun bisa bersenang-senang di wisata ini. Cocok dijadikan destinasi wisata keluarga saat liburan tiba. Bagaimana, kapan nih teman-teman berkunjung ke Semarang?

Shinta Laevi Oktaviya

(Magang LPM Gema Keadilan)

Sumber foto :

https://www.jejakpiknik.com/candi-gedong-songo/