Pesona Malioboro, Ikon Khas Kota Yogyakarta

Ipmgemakeadilan.fh.undip.ac.id— Malioboro adalah salah satu nama jalan di daerah Yogyakarta yang tidak pernah sepi dari para wisatawan saat sedang berlibur di Yogyakarta, baik wisatawan lokal maupun  mancanegara. Jika sedang berlibur di Yogyakarta rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi tempat ini.

Malioboro sangat identik dengan Yogyakarta. Tempat ini menjadi daya tarik para wisatawan karena masih kentalnya budaya Jawa yang terlihat di sepanjang Jalan Malioboro. Malioboro bisa dijadikan destinasi untuk anda yang hobi berbelanja. Malioboro terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menyuguhkan berbagai macam souvenir cantik dan unik khas Jogja. Maka tak heran kalau Malioboro dijadikan sebagai surganya cenderamata. Para pedagang kaki lima yang selalu menghiasi sepanjang Jalan Malioboro membuat tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada saat musim liburan. Rata-rata para pedagang disini menjual baju, sendal, batik, kerajinan bambu, wayang kulit khas Jawa, makanan hingga pernak-pernik yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan.

Salah satu yang menjadi ciri khas andalan dari tempat ini yaitu delman atau andong. Delman atau andong inilah yang dijadikan alat transportasi tradisional di Yogyakarta. Jadi jangan heran kalau anda menemukan banyak delman yang berjejer di sepanjang Jalan Malioboro. Delman sangat cocok dijadikan sebagai alat transportasi mengelilingi tempat-tempat di sekitar Malioboro tanpa harus lelah berjalan kaki. Untuk dapat menaiki delman ini, kita harus sedikit merogoh kocek lebih dalam karena memang harganya terbilang relatif mahal. Ada alternatif lain yang dapat kita gunakan yaitu becak. Kita dapat mengelilingi Jalan Malioboro dengan rute yang sama tetapi dengan  harga yang lebih murah.

Keindahan tempat ini akan lebih  terasa apabila dikunjungi pada malam hari. Indahnya lampu pernak-pernik yang mewarnai setiap sudut Jalan Malioboro, hingga para musisi jalanan yang menampilkan pertunjukan menggunakan alat musik tradisional pun ikut meramaikan indahnya suasana tempat ini.

Sumber : anekatempatwisata.com

Selain keindahannya, Malioboro juga dikenal sebagai wisata kuliner paling komplit di Kota Yogyakarta. Di sini, anda bisa menemukan makanan apa saja, mulai dari makanan tradisional khas Yogyakarta seperti gudeg, bakpia pathok, sampai makanan unik seperti oseng-oseng mercon dan sate kere (sate miskin) yang pastinya susah ditemukan di tempat lain.

Malioboro bukan hanya digunakan sebagai pusat perbelanjaan saja. Melainkan, juga digunakan sebagi pusat kesenian dan kebudayaan. Berbagai macam kirab budaya dan kesenian sering dilakukan di sepanjang jalan kenangan ini. Jalan Malioboro menjadi saksi perjuangan masyarakat Yogyakarta pada zaman kolonial dulu.

Dengan mengedepankan budaya, tak salah memang Malioboro menjadi salah satu obyek wisata yang mempunyai magnet tersendiri bagi para wisatawan yang sedang berlibur ke Yogyakarta. Terlepas dari berbagai macam hal tadi, ada baiknya ketika anda berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk mengunjungi ke Malioboro dan rasakan sendiri sensasi serta keunikan yang ada.

Tanti Fatmaningrum

(Magang LPM Gema Keadilan 2019)

Sumber :

Hal Seru yang Perlu Kamu Tahu Tentang Malioboro Jogja

Sumber Foto :

4 wisata malam Malioboro yang romantis dan memorable