Museum Katedral, Wisata Religi Penambah Pengetahuan dan Wawasan Spiritual

lpmgemakeadilan.fh.undip.ac.id — Masyarakat yang berada di Kota Jakarta, khususnya yang beragama Katolik, kini dapat beribadah sekaligus mempelajari sejarah agama Katolik di Indonesia dengan mengunjungi Museum Katedral. Museum ini pertama kali diresmikan pada tanggal 28 April 1991 oleh Mgr. Julius Darmaatmadja dan diprakarsai oleh Pastor Kepala Katedral Pater Rudolf Kurris. Menurut keterangan yang ada, Pater Rudolf Kurris menyukai sejarah dan seni. Ia suka mengoleksi benda-benda liturgi yang dulu pernah dipakai dan kemudian ia taruh di Gudang.  Menurutnya barang-barang tersebut lebih baik diletakkan pada museum religi daripada berada di Gudang agar generasi muda dan orang banyak dapat melihatnya.

Pada awalnya, Museum Katedral terletak di lantai dua atau bagian balkon Katedral Jakarta, namun kini lokasinya dipindahkan ke sebelah toko buku di kawasan Katedral Jakarta.

Ketika berkunjung ke Museum Katedral, pengunjung dapat menjumpai bermacam-macam benda suci pemberian Paus ketika berkunjung ke Jakarta, salah satunya adalah piala dan patena yang diberikan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989. Selain itu, berbagai benda yang pernah dipergunakan oleh Kardinal terdahulu dapat ditemui di Museum ini.

Pada salah satu bagian Museum, pengunjung dapat mempelajari berbagai sejarah para misionaris dari Belanda yang menyebarkan agama Katolik di Indonesia pada zaman dahulu. Salah satu benda yang cukup menarik adalah jurnal kuno Katedral yang berisi daftar jemaat gereja yang dibaptis pada awal Katedral berdiri.

Museum Katedral buka setiap hari Senin-Kamis dan Sabtu mulai pukul 10.00-16.00 WIB serta di hari Minggu mulai pukul 12.00-16.00 WIB. Pengunjung di sini tidak dipungut biaya untuk masuk, namun mereka harus mengisi buku tamu terlebih dahulu.

Bagian yang paling menarik dari Katedral adalah letaknya yang berseberangan dengan masjid terbesar di Asia Tenggara, Masjid Istiqlal. Hal ini merupakan salah satu simbol kerukunan antar pemeluk agama di Indonesia yang bisa berjalan harmonis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Yosua Nathanael Nainggolan
(Magang LPM Gema Keadilan)

Sumber :

https/travel.kompas.com/read/2017/12/22/210000727/yang-baru-di-jakarta-gereja-katedral-kini-punya-museum-https://m.detik.com/travel/dtravelers_stories/u-3837917/beragam-sejarah-di-museum-katedral-jakarta

Museum Katedral