Satya Dharma Gita Raih Tiga Medali Emas dan Dua Penghargaan Khusus dalam 32nd Praga Cantat International Choir Festival

lpmgemakeadilan.fh.undip.ac.id — Dalam Ajang “32nd Praga Cantat International Choir Festival”, Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Univeristas Diponegoro kembali mengukir prestasi dengan meraih Peringkat 3 yang berupa tiga medali emas dan dua penghargaan khusus yaitu Best Program untuk kategori lagu – lagu foklore, dan bagian dari lagu flokore sendiri yaitu Interpretasi lagu terbaik dalam Tari Indang. Kompetisi ini berlangsung pada tanggal 1-5 November 2018 di Praha, Republik Ceko.

Pada kompetisi yang bergengsi ini, PSM Satya Dharma Gita FH Undip merupakan satu dari empat perwakilan Indonesia bersama Universitas Pancasila, Universitas Gunadarma dan paduan suara anak-anak yang berasal dari Jakarta yang berkompetisi pada festival tersebut selain itu ada beberapa negara yang mengikuti festival tersebut  antara lain Mexico, Austria, Prancis dan Jerman. Tim PSM Satya Dharma Gita FH Undip yang berangkat dari Indonesia, dengan beranggotakan sekitar 34 orang yang terdiri atas Penyanyi, Conductor, dan Dosen pendamping.

Kategori Juara yang Diraih

PSM Satya Dharma Gita menampilkan 3 sesi dalam konser ini. Sesi pertama diisi dengan Female Choir yang membawakan satu lagu wajib dari Republik Ceko yang berjudul Ma Hvezda dan menyisipkan lagu-lagu daerah dengan instrumen musik daerah sebagai pendukungnya, kemudian sesi selanjutnya adalah penampilan Mixed Youth Choir yang menyanyikan lagu-lagu klasik dan penampilan terakhir ditutup dengan kategori lagu rakyat (foklore) yang menampilkan lagu-lagu daerah yang didukung dengan gerakan tubuh untuk mencerminkan lagu yang disampaikan. Jumlah lagu yang dinyanyikan yaitu sebanyak 12 lagu serta ditampilkan dalam waktu 1 hari saja.

Sesi Konser

Persiapan yang dilakukan oleh PSM SDG dalam menghadapi konser tahunan juga tidaklah mudah. Persiapan berlangsung kurang lebih lebih 7 bulan. Mulai dari proses seleksi hingga latihan yang cukup padat pun ditempuh. Berbicara mengenai proses, pastinya tidak terlepas dari berbagi hambatan. Yang pertama, pada saat pelatihan harus menyesuaikan jadwal masing-masing anggota, biaya yang dibutuhkan pada kompetisi ini tidaklah sedikit kemudian hambatan lainnya yaitu pada saat sampai di Republik Ceko, tim PSM SDG ini hanya diberi waktu 2 hari saja untuk berlatih menyanyikan 12 lagu dalam 3 kategori tersebut. Semua hambatan itu tidaklah menjadi penghalang ketika kita saling menyatukan visi dan misi yang sama untuk memperoleh prestasi, sehingga dapat merangkul masing –masing anggota sehingga tercapai tujuan yang di inginkan.

Bagi anggota SDG yang akan menjadi ketua delegasi perlombaan ini, pesannya “Mempertahankan lebih sulit dari pada mendapatkan dan meningkatkan level lomba di tingkat yang lebih tinggi” Ujar Andreas Dika, Ketua Delegasi dan Ketua Satya Dharma Gita FH UNDIP 2015).

“usaha tidak membohongi hasil karena dengan usaha yang kita lakukan ringan kerasnya akan mempengaruhi hasil yang ada maka akan memperoleh hasil yang maksimal juga dan tidak lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa” Tambahnya.

Wayan Ridwan dan Victoria Dian C

Sumber : undip.ac.id

Sumber Foto : Andreas Dika dan Yessica Natalia