Perkembangan Industri Kereta Api Tanah Air

lpmgemakeadilan.fh.undip.ac.id- 28 September lalu telah diperingati Hari Kereta Api Nasional. Keberadaan kereta api pun telah bercerita banyak melalui sejarahnya. Aalat transportasi umum ini menjadi salah satu transportasi umum yang tetap sukses bersamaan dengan berkembangnya bangsa Indonesia.

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian yang menjelaskan beberapa hal mengenai pelaksanaan perkeretaapian di Indonesia serta fungsi dan tujuannya. UU tersebut menyebutkan bahwa transportasi mempunyai peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, pengembangan wilayah dan pemersatu wilayah negara kesatuan republic Indonesia.

Kesuksesan sesuatu tidak lah lepas dari sejarah maka dari itu pada tanggal 28 September diperingati sebagai hari kereta api nasional yang mana sudah 73 tahun lamanya pengapresiasian terhadap Kereta Api Indonesia. Kereta api sendiri sudah lama ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia yaitu sejak era kolonial atau masa tanam paksa.

Tahun 1867, operasional perdana kereta api di Indonesia. Sabtu 10 Agustus 1867, perjalanan perdana ini menghubungkan Desa Kemijen di Semarang Timur dengan desa Tanggungharjo di Kabupaten Grobogan, Jawa tengah, melalui relasi stasiun Semarang-Tanggung. Dengan panjang lintasan kurang lebih 27 kilometer. Kereta api ini singgah di stasiun Alas Tua dan Brumbung sebelum akhirnya berhenti di tujuan akhir. Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan militer dan mobilitas hasil bumi belanda di kota Semarang.

Kemudian Tahun 1925, kereta listrik pertama di Indonesia mulai beroperasi. Perkembangan tekonologi membuat pengoperasian kereta api listrik masuk di Indonesia. Kereta api tersebut menggunakan lokomotid listrik seperti ESS 3201 dan beroperasi di jabodetabek (Jakarta) yang menjadi salah satu tonggak bermulanya sistem trsnportasi modern di Asia.

Logo PT. Kereta Api Indonesia

Adapun makna logo yang terdapat di PT KAI adalah sebagai berikut:

  • Tiga garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
  • Dua garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
  • Satu garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)

Terkait dengan layanan, PT Kereta Api Indonesia merupakan instansi yang mempunyai tangungg jawab dalam perkeretaapian di Indonesia. Memberikan layanan penumpang, pariwisata dan barang. Dalam kereta penumpang dibagi menjadi beberapa kelas yaitu:

  1. kelas Eksekutif (layanan yang tertinggi, yaitu tempat duduk yang bisa diatur, pendingin udara, dan hiburan.)
  2. Kelas Campuran (Eksekutif-ekonomi) yaitu pembagian kursi penumpang antara kelas eksekutif, bisnis AC, dan Ekonomi AC.
  3. Kelas ekonomi, merupakan pelayanan untuk semua lapisan masyarakat yang berfungsi sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas ekonomi. Tapi untuk sekarang peroperasian kelas ekonomi ini sudah sanggat bagus hampir mendekati kelas bisnis.

Industri kereta api tanah air semakin berkembang. Perkembangan perkeretaapian Indonesia ini semakin ditandai dengan mudahnya pemesanan tiket kereta menggunakan teknologi internet. Selain cepat dan mudah, di dalam itu penumpang bisa sendiri memilih tempat duduk mana yang diinginkan. Pembelian tiket juga tidak usah jauh-jauh ke stasiun karena selain menggunakan aplikasi internet seperti Traveloka, bisa melalui agen-agen yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia, seperti Alfamart, Indomaret, dll.

Apresiasi dan cinta kendaraan umum dibandingkan kendaran pribadi sebaiknya mulai diutamakan sejak sekarang, karena dapat mengurangi daya kemacetan yang melemahkan beberapa resiko. Penggunaan kereta api inilah yang menjadi salah satu alternatif berpergian yang sangat nyaman dan indah. Tanpa merasakan kebisingan lalu lintas, setiap orang dapat menikmati pemandangan yang indah melalui kereta api.

 

Adinda Intan Puteri A’an

 

Sumber:

http://www.tribunnews.com/travel/2018/03/09/menilik-perkembangan-kereta-api-indonesia-dari-masa-ke-masa

Sumber foto:

http://www.cdcindonesia.com/2017/05/pt-kereta-api-indonesia-persero.html?m=0