Hukum dan Undip Menulis: Semarak Karnaval Peringatan Hut RI ke-73 Desa Gandrirojo

lpmgemakeadilan.fh.undip.ac.id – Minggu 19 Agustus 2018, Pemerintah Desa Gandrirojo menyelenggarakan karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-73. Karnaval Desa Gandrirojo ini diikuti peserta yang berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Acara ini berlangsung meriah dengan berbagai pertunjukan seni dan kreativitas peserta karnaval.

Peringatan HUT RI ke-73 di Desa Gandrirojo tahun ini berlangsung lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Setelah berbagai dan lomba, pertunjukkan panggung seni serta pengajian, rangkaian kegiatan mencapai puncak dengan berlangsungnya karnaval pada Minggu (19/8) siang. Karnaval merupakan acara yang spesial dan dinantikan seluruh warga desa saat peringatan hari kemerdekaan.

Peserta karnaval terdiri dari kurang lebih 700 orang yang terdiri dari gabungan perwakilan RT, siswa dari TK/RA sampai MA dan komunitas-komunitas lain yang ada di Desa Gandrirojo. Dalam acara ini berbagai kreativitas dan pertunjukkan budaya dipertotonkan oleh peserta karnaval. Kreatifitas peserta ditunjukkan  dengan ornamen-ornamen atau kostum yang terbuat dari hasil daur ulang botol plastik dan koran. Selain kostum yang terbuat dari bahan daur ulang, banyak juga peserta yang menggunakan pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia.

Peserta karnaval berkumpul di Lapangan Diponegoro dan mulai berjalan mengelilingi desa melewati RT 2/ RW 1, RT 3/RW 3, Dukuh Sendang, Dukuh Kaliwatu, dan kembali lagi ke lapangan Diponegoro. Di sepanjang perjalanan, peserta dari masing-masing kelompok menampilkan tarian daerah, tarian kreasi semapur,  dan marching band. Antusiasme warga ditunjukkan dengan menonton arak-arakan di pinggir-pinggir jalan dan menyediakan minuman untuk peserta karnaval. Acara diakhiri dengan pengundian doorprize kepada warga berupa peralatan rumah tangga.

Kreatifitas peserta dalam membuat kostum dari hasil daur ulang botol plastik dan koran

“Saya sangat menunggu-nunggu acara karnaval tahunan ini, karena selain bisa mengumpulkan warga dari seluruh Desa Gandrirojo, saya juga bisa menunjukkan kemampuan saya dalam berdandan..” ujar salah satu warga Desa Gadnrirojo, Ibu Umi.

Karnaval ini merupakan salah satu acara di Desa Gandrirojo yang sangat ditunggu-tunggu oleh para warganya, karena selain dapat berkumpul bersama, bersenang-senang bersama, terdapat makna yang dapat diambil didalamnya, antara lain adalah pengetahuan mengenai keberagaman budaya Indonesia serta dapat meningkatkan rasa cinta tanah air.

Acara ini didukung penuh oleh Pemdes Desa Gandridojo, serta mendapat bantuan dari Tim II KKN Universitas Diponegoro yang sedang berada di lokasi tersebut. Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro dengan penuh semangat mengikuti acara tersebut dari awal hingga akhir, turut mengikuti warga mengelilingi desa, serta membantu Pemdes dalam melaksanakan acara tersebut.

Dengan adanya acara karnaval ini, Pemdes Desa Gandrirojo berharap bahwa warga Desa Gandrirojo dapat terus kompak dan bersatu, dengan terus aktif mengikuti acara-acara yang diselenggerakan desa, serta dapat terus mengembangkan rasa nasionalisme mereka.

Tim II KKN Undip Desa Gandrirojo