ASEAN 50th Celebration: Under One Light, We Are ASEAN

Kamis, 26 Oktober 2017 telah dilaksanakan peringatan lima puluh tahun hari jadi ASEAN (Association Of South East Asian Nations). Seperti yang kita ketahui, ASEAN merupakan organisasi regional di kawasan Asia Tenggara. Untuk merayakan hari jadinya yang ke-50, ASEAN melakukan serangkaian roadshow ke universitas sekaligus untuk mengenalkan ASEAN kepada mahasiswa.

Kali ini, ASEAN berkunjung ke Universitas Diponegoro dan bekerja sama dengan Fakultas Hukum Undip serta Ikatan Mahasiswa Hukum Internasional (IMHI). Deny Silalahi, Ketua IMHI mengatakan, “Pertama kali dihubungi oleh pihak ASEAN mengenai acara ini, mereka mengatakan bahwa hanya memilih kampus yg berkualitas dan ternama saja untuk dikunjungi, salah satunya Undip. Fakultas Hukum Undip sendiri dipilih karena dirasa mempunyai akreditasi yang baik dan ditambah pula mempunyai wadah organisasi peminatan Hukum Internasional yaitu IMHI. Mereka langsung memberikan kepercayaan kepada FH Undip sebagai tuan rumah dan IMHI sebagai pelaksananya. Kepercayaan itulah  yang sepatutnya membuat kita bangga karena kita dipercaya oleh organisasi sebesar ASEAN untuk merayakan hari jadinya yg ke 50.”

Acara yang berlangsung di Gedung Satjipto Rahardjo ruang H.304-305 FH Undip ini dimulai pukul  10.00 WIB, diawali dengan Cultural Performance dari Undip yang menampilkan tarian khas Bali selama kurang lebih lima menit. Kemudian acara dibuka oleh MC, yaitu Tasha dan Syauqi untuk memberikan ucapan selamat datang kepada pihak-pihak yang datang. Dari pihak ASEAN diwakili oleh Mai Tang selaku Senior Officer of Community Relations Division ASEAN Secretariat, Margareth Naulie Panggabean selaku Technical Officer of  Community Relations Division ASEAN Secretariat, dan Nindia Satiman selaku Technical Assistant of Community Relations Division ASEAN Secretariat. Sedangkan dari Fakultas Hukum sendiri dihadiri oleh Wakil Dekan III yang mewakili Dekan FH, yaitu Solechan, S.H., M.H, lalu ada Peni Susetyorini, S.H., M.H selaku Kabag Hukum Internasional dan Soekotjo Hardiwinoto, S.H., L.L.M selaku dosen bagian hukum internasional.

Sebelum acara inti dimulai, acara dibuka dengan menyanyikan ASEAN Anthem “The ASEAN Way” dan lagu kebangsaan Indonesia “Indonesia Raya” yang dipandu oleh Aryo Dewandaru. Lalu acara berlanjut dengan sambutan dari Kresnando Bayu selaku Project Officer dari acara ini. Dalam sambutannya, Nando, sapaan akrabnya, menyampaikan kebanggaannya bahwa FH Undip dapat dipercaya oleh  ASEAN Secretariat untuk merayakan hari jadi yang ke-50. Ia juga berharap kedepannya ASEAN lebih bermanfaat lagi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan III, Solechan, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau mengucapkan rasa terima kasih dan rasa bangga bahwa Fakultas Hukum dipilih sebagai tempat perayaan oleh ASEAN. Harapan beliau di lima puluh tahun hari jadi ASEAN,  dengan melihat isu-isu regional yang masih banyak, ASEAN ke depannya menjadi lebih baik lagi. Dan dengan adanya acara ini memberikan informasi lebih banyak bagi mahasiswa Undip mengenai ASEAN dan sepak terjangnya.

Sebelum acara inti ada penjelasan singkat mengenai ASEAN yang disampaikan oleh Mai Tang, Senior Officer Community Relations Division ASEAN Secretariat. Miss Mai menyampaikan hal-hal seputar ASEAN, seperti apa itu ASEAN, pencetus terbentuknya ASEAN, negara anggota ASEAN, pilar-pilar ASEAN, hingga arti lambang ASEAN itu sendiri. Penjelasan yang disampaikan ini cukup interaktif, dimana Miss Mai menyampaikannya dengan komunikasi dua arah. Sehingga selama penjelasan, adakalanya Miss Mai bertanya kepada peserta yang hadir dan diapresiasi dengan hadiah dari pihak ASEAN. Pada briefing ini Miss Mai mengatakan, “After this event, learn about ASEAN, contribute to ASEAN, and learn about other country.” Tak hanya itu, ia berpesan pada seluruh peserta untuk lebih bangga menjadi warga Indonesia dan menjadi bagian dari ASEAN.

Kemudian acara berlanjut dengan penyerahan plakat oleh Kabag HI, Peni Susetyorini, S. H., M.H, dilanjutkan dengan doa bersama. Setelah itu adalah acara utama, yaitu Briefing On ASEAN. Sebelum itu ada pemutaran video profil ASEAN. Acara utama adalah penyampaian materi mengenai ASEAN lebih jauh lagi. Pada acara utama ini dimoderatori oleh Priscilla, Ketua UPK KRD FH Undip. Sepeti diawal tadi, Miss Mai menyampaikan materi dengan komunikasi dua arah, ia berbaur dengan para peserta. Pada Briefing ini disampaikan mengenai tiga pilar ASEAN, yaitu ASEAN Political-Security Community (APSC), ASEAN Economic Community (AEC), ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC). Ketiga pilar ini memiliki fungsinya masing-masing, APSC berfungsi untuk memastikan bahwa kawasan dan negara anggota ASEAN hidup dalam keadaan damai dan aman. AEC yang berhubungan dengan ekonomi berfungsi menciptakan kondisi ekonomi ASEAN yang kompetitif, dinamis, dan inovatif. Sedangkan ASCC berfungsi untuk mengangkat derajat manusia melalui kegiatan yang kooperatif. Ketiga pilar ASEAN secara bersinergi mendasari ASEAN dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai organisasi. Ketiganya sama-sama hal yang penting bagi ASEAN.

Demikianlah briefing yang disampaikan Miss Mai. Secara singkat mengenai ASEAN beserta pilar-pilarnya. Setelah acara tersebut ada games dan students aspirations, yangmana beberapa mahasiswa menyampaikan ‘wishes’ mereka kepada ASEAN. Dan terakhir sebagai penutup acara ada sesi foto bersama dengan para peserta.

“Kerjasama antara IMHI dan ASEAN Secretariat Jakarta ini merupakan suatu benefit yang sangat bermanfaat bagi kedua pihak, karena sebelumnya hal ini belum pernah dilakukan. Untuk IMHI sendiri, dengan adanya kerjasama ini mampu meningkatkan eksistensi IMHI baik didalam kampus maupun diluar kampus. Semoga kerjasama yang baik ini bisa berlanjut untuk seterusnya dan bisa dilaksanakan dalam bentuk program lain yang mengedukasi dan bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa khususnya bagi mahasiswa peminatan Hukum Internasional”

Deny Silalahi, Ketua IMHI

“Harapannya ASEAN semakin sering-sering membuat acara seperti ini, mengenalkan ASEAN pada mahasiswa dan masyarakat umum, sesuai slogannya “Under one light we are one ASEAN”

Kresnando Bayu, Project Officer ASEAN 50th Celebration

 

Dwiyanti Putri