Seminar Beasiswa Mancanegara “Raih Beasiswa Bangun Nusa dan Bangsa”

lpmgemakeadilan.fh.undip.ac.id – Sabtu (9/9), Bidang Kesejahteraan Mahasiswa (KESMA) BEM FH UNDIP mengadakan acara “Seminar Beasiswa Mancanegara”. Acara ini bertempat di Gedung Seminar Litigasi Fakultas Hukum UNDIP. Acara ini bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Share Scholarship Awardee, dan penerima beasiswa S2 di Korea yang menggantikan Institut Francais Indonesia (IFI).

Yudip Iga Prawisda, selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa acara ini merupakan program kerja tahunan Bidang KESMA BEM FH Undip yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa agar dapat mengetahui informasi mengenai beasiswa dan mahasiswa tidak perlu terkendala meneruskan pendidikan hanya karena biaya. Dengan mengambil tema “Raih Beasiswa Bangun Nusa dan Bangsa”, Yudip menambahkan dengan mengundang para pembicara yang berkompeten, diharapkan mahasiswa mendapatkan manfaat bagi masa depannya, bahwa kuliah tidak harus mengeluarkan biaya yang tinggi, banyak beasiswa yang masih bisa didapatkan, dan tidak membebani orang tua karena biaya kuliah. “Satu kalimat yang ingin saya sampaikan bahwa kuliah itu tidak harus mahal, kuliah bisa didapatkan dari beasiswa raihlah cita-citamu setinggi langit, agar dapat jatuh diantara bintang-bintang yang indah”, tuturnya.

Acara dimulai pada 09.21 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan pada sambutan dari Yudip Iga Prawisda selaku Ketua Pelaksana, Nadim Nurnajmi selaku Wakil Ketua BEM FH Undip, dan Dr. Siti Malikhatun B., SH., M.Hum selaku perwakilan FH Undip.

Pada acara inti, diisi oleh narasumber pertama yaitu Haibati Haira (Mahasiswa Fakultas Hukum Undip 2015) yang merupakan penerima beasiswa Share ASEAN Student Exchange dengan moderator Muhammad Nafi Uzzaman (Mahasiswa FH Undip 2016). Haira menceritakan pengalaman kuliah selama 5 bulan di Filiphina, mengenalkan beasiswa Share Scholarship Awardee yang merupakan beasiswa pertukaran mahasiswa bagi S1 di ASEAN yang disediakan oleh UPIC EU selama 1 semester di berbagai universitas terbaik di ASEAN dan Uni Eropa. Ia juga menjelaskan bagaimana mekanisme mendaftar beasiswa Share Scholarship, dan apa saja manfaat mendapatkan beasiswa Share Scholarship. “Bukan terlalu pinter-pinter amat untuk mendapatkan Share Scholarship ini, yang pertama adalah niat dan kemauan. Niat untuk mendaftar, niat untuk cek website, dan niat untuk naik turun dari gedung A, gedung H sampai ke rektorat”, tambahnya.

Pembicara selanjutnya diisi oleh Nur Hamid, S.Si (Alumni FSM Undip jurusan Fisika) penerima beasiswa LPDP dan dimoderatori oleh Gusto Hartanto (Mahasiswa FH Undip 2015). Hamid menceritakan perjalanannya pada saat kuliah hingga lulus, kemudian mendapatkan beasiswa LPDP, memperkenalkan LPDP sebagai beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Keuangan bagi Pasca Sarjana dan Program Studi Doktoral yang ingin meneruskan kuliah di luar negeri maupun dalam negeri. Program LPDP ini menawarkan dua jalur yaitu Afirmasi bagi alumni bidikmisi dan Reguler. Tak lupa ia menyampaikan mekanisme pendaftaran beasiswa LPDP dan apa saja manfaat mendapatkan beasiswa LPDP. “Perjalanan 1000 mil berawal dari satu langkah artinya kalau temen-temen ingin berjalan jauh, pasti temen-temen punya keinginan, punya harapan, target ke depan seperti apa paling nggak temen-temen mulai dengan 1 langkah.”

Pembicara terakhir diisi oleh Imam Auliya Yuniar Putranto., SE., M.Ec Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim penerima beasiswa S2 di Changwon National University Korea Selatan, yang dimoderatori oleh Ema Nur Hayati (Mahasiswa FH Undip 2014) Beliau menceritakan bagaimana pengalaman kuliah di Korea, bagaimana cara membagi waktu antara kuliah dengan membaca dengan menggunakan skala prioritas orang bekerja, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri, dan apa saja manfaat yang beliau peroleh selama belajar di Korea Selatan.

Acara diselingi oleh accoustic perfomance dari Mahendra Rigo and Friends (SUGOS), traditional dance perfomance yang menampilkan Tari Piriang Lamputogok, dan Stand Up Comedy oleh Irenaus Pramantya Kusuma. Acara diakhiri pada 13.30 WIB dengan sesi foto bersama. Kemudian diluar gedung seminar peserta disuguhkan Photobooth dan dapat mengunjungi Stand Beasiswa Tanoto Foundation bagi mahasiswa yang ingin mengetahui informasi dan mekanisme pendaftaran Beasiswa Tanoto Foundation.

 

Victoria Dian Cahyaningsih